Kamis, 24 April 2014

Gun Jack, Preman Legendaris Dari Yogyakarta

By Belantara Indonesia


Gun Jack yang nama aslinya adalah Agus Joko Lukito berasal dari Kampung Badran, Kecamatan Tegalrejo, Kota Yogyakarta. Nama Gun Jack tentu akrab bagi masyarakat Yogyakarta pada umumnya, karena sepak terjangnya sangat terkenal dan gemar membela kaum marginal, begitu bahasanya.



Pada 1987, Agus direkrut menjadi Komandan Satuan Tugas PPP Wilayah DI Yogyakarta. Menurut Komandan Gerakan Pemuda Ka’bah ( GPK ) kota Yogyakarta, Rudi Tri Purnama, Agus biasa dipanggil dengan sebutan Gowok yang kemudian dikenal dengan Gun Jack.


GPK adalah satu dari tiga organisasi pemuda di bawah partai politik berlambang bintang, Partai Persatuan Pembangunan ( PPP ). Sejak direkrut itu, Gowok kemudian mendapat julukan Gun Jack. Nama itu pula yang banyak dikenal di dunia gali– sebutan preman di Yogyakarta.


Gun Jack telah meninggal pada 2011 lalu pada usia 49 tahun. Ada penyumbatan pembuluh darah di otak belakang. Begitu informasinya. Isu yang beredar, Gun Jack kena santet dari orang – orang yang tak menyukainya. Dia meninggal saat mengurus pendaftarannya sebagai mahasiswa S2 Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta.


Dahulu Gun Jack berjualan nasi bungkus di stasiun Tugu. Dia naik turun dari gerbong kereta satu ke gerbong lain sambil menjajakan nasi bungkus untuk membantu orang tuanya. Dia masih seusia anak SMP. Kenakalan – kenakalannya yang acap disebut laiknya preman mulai terlihat sejak Gun Jack muda.


Gun Jack menjadi penadah patung – patung curian dari kuburan Cina di daerah tempat tinggalnya. Apalagi Badran kala itu adalah kawasan pekuburan Cina atau dikenal dengan Bong.


Awalnya ada turis asing yang memesan patung – patung dewa Cina. Seperti patung Dewi Kwan Im. Gun Jack beli dari pencurinya Rp 3 ribu, terus dijual ke bule itu dengan harga tinggi.



Area pekuburan Cina juga menjadi area perjudian kala itu. Gun Jack menjadi penguasa keamanan yang tentu saja mendapat jatah dari para pemain judi atas tugasnya. Lantaran aktivitasnya saat itu, keluar masuk penjara dalam hitungan bulan menjadi hal biasa baginya. Lingkungan Badran ( saat itu ) memang tak jauh dari aktivitas ( preman ) seperti itu.


Meski jadi Gali, Gun Jack punya jiwa sosial yang tinggi. Dia jadi ‘jujugan’ atau tempat mengadu saat tetangga atau warga sekitar mengeluh karena tak mampu membayar uang sekolah anak atau tak mampu membayar biaya berobat. Soal ini, Gun Jack jarang lepas tangan. Dia pun sering menggelar pengajian. Bahkan dia membangun masjid yang terdata ada 18 bangunan masjid.


Tetapi bukan menggunakan uangnya sendiri. Gun Jack tinggal mengontak orang – orang pebisnis kaya. Misal kontak si ini ( pengusaha di Yogyakarta ), minta uang sekian untuk pengajian pasti dikasih.


Sosok fisik Gun Jack pun, tak kentara menunjukkan dirinya sebagai preman. Postur tubuh tinggi sekitar 175 sentimeter, kulit cokelat. Tidak emosional, justru dia itu humoris. Suka gojeg, selengekan ( bercanda ). Suka bahasa yang dipelesetkan.


Dalam bertutur, pria ini menggunakan bahasa krama inggil kepada yang lebih tua. Sementara kepada yang lebih muda, dia juga menunjukkan rasa hormat dan perilaku sopan. Termasuk kepada Hendrik Angel Sahetapy alias Deki, keamanan di Hugos Café yang terlibat pembunuhan anggota Komando Pasukan Khusus Sertu Santoso dan akhirnya tewas di lembaga pemasyarakatan Cebongan, Sleman pada 23 Maret 2013 lalu.


Lantas, bagaimana preman – preman di Yogyakarta segan padanya? Tak hanya hubungan baik dengan orang – orang berpengaruh yang dibangunnya. Gun Jack juga merangkul orang – orang yang selama ini disisihkan karena latar belakang dunia hitam mereka. Antara lain, narapidana yang usai masa hukumannya, perempuan pekerja seks.


Narapidana yang sudah bebas diberi pekerjaan sebagai tenaga keamanan di suatu tempat. Gun Jack juga mempunyai anak asuh yang terdiri dari anak – anak jalanan yang suka mengamen dan mabuk dengan menghirup lem ( ngelem ). Gun Jack menyebutnya dengan istilah kaum marginal. src

Source: Belantara Indonesia


    




Gun Jack, Preman Legendaris Dari Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar