Selasa, 01 April 2014

Gua Keramat Di Jalur Torean Gunung Rinjani

By Belantara Indonesia



Jalur pendakian populer di Gunung Rinjani, Lombok Nusa Tenggara Barat adalah jalur Sembalun dan Senaru. Tetapi cobalah sesekali Anda mendaki Gunung Rinjani melalui jalur Torean, jalur yang jarang di daki oleh pendaki dari luar Lombok. Meski agak sulit untuk menempuhnya, jalur Torean menjanjikan panorama yang beragam.




Seorang porter menyeberangi sungai belerang di jalur Torean, Lombok Di jalur ini terdapat air panas, yang dipercaya penduduk dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Misalnya Gua Taman. Gua yang terdapat tidak jauh dari persimpangan jalan menuju Gua Susu jalur pendakian itu dianggap sangat keramat. Di muka gua banyak bergantungan kain putih.


Menurut Amak Herni, porter senior dan juga tetua adat di Dusun Torean, kain putih itu boleh dikenakan siapa saja yang akan memasuki Gua Taman. Dengan hanya berkain putih itu, pendaki yang melakukan perjalanan ke Rinjani itu masuk gua melalui mulutnya yang cuma berdiameter sekitar setengah meter.


Ruangan di dalam gua ternyata cukup luas, sekitar 3 x 3 meter, dengan ketinggian kira – kira dua meter. Di dalamnya ada kolam kecil berair jernih, yang oleh masyarakat setempat dianggap seperti air zamzam di Mekah.


Dari Gua Taman, tim pun berjalan ke Gua Susu, yang berjarak sekitar 500 meter. Memasuki Gua Susu, gua sumber air panas alami, seperti berada di ruang sauna. Air panas meneter dari stalaktit.


Di gua itu pula dapat ditemukan puluhan penduduk lokal yang berendam di sumber air panas, yang mereka percaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Mereka rela menginap tiga – lima hari dengan mendirikan tenda. Beratnya pendakian menuju ke sana justru dianggap sebagai ujian.


Pendakian via jalur Torean berujung di Danau Segara Anak di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Danau seluas sekitar 11 juta meter persegi dengan kedalaman 230 meter ini tempat pertemuan jalur Torean dengan dua rute pendakian Rinjani lainnya: Sembalun dan Senaru.


Danau ini merupakan kaldera purba yang terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Samalas pada 1257. src


Source: Belantara Indonesia


    





Gua Keramat Di Jalur Torean Gunung Rinjani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar