Rabu, 05 Maret 2014

Tips Mengatasi Serangan Pacet

By Belantara Indonesia



Tips Mengatasi Serangan Pacet saat mendaki gunung dikala musim hujan tiba tentunya dibutuhkan oleh para penggiat salah satu kegiatan alam bebas ini. Serangan pacet, hewan penghisap darah berukuran kecil ini memang mengganggu.



Pacet biasanya hidup di hutan hujan tropis dengan kondisi lembab. Kondisi seperti ini merupakan kondisi yang sempurna untuk pacet bertahan hidup. Ketika sedang berburu, pacet akan memasang perangkapnya dengan bergelantungan di ujung – ujung daun. Ketika ada hewan atau manusia yang menyentuh daun itu maka otomatis pacet akan menempel dan dimulailah proses menyantap mangsanya.


Sebenarnya akibat yang ditimbulkan dari gigitan pacet tidak berbahaya, hanya saja akan berasa gatal akibat zat anti pembekuan darah yang mereka keluarkan ketika mereka menghisap darah dari tubuh kita. Hal ini di khawatirkan akan menimbulkan infeksi kalau di garuk. Berikut ini adalah tips untuk mengatasi serangan pacet.


1. Gunakan Air Tembakau
Caranya cukup campur tembakau dengan air lalu di kocok dan diamkan semalaman, hal ini bertujuan untuk melepaskan kandungan zat yang terdapat pada tembakau secara maksimal. Gunakan air campuran ini sebagai lotion dan oleskan ke kaki serta tempat – tempat terbuka yang berpotensi diserang pacet. Kandungan zat yang terdapat pada tembakau akan menghalau serangan pacet dan mencegahnya mampir ke kaki kita.


2. Lotion Anti Nyamuk
Ketika kita berpetualang ke hutan tentu akan sangat bermanfaat jika menggunakan lotion anti nyamuk karena dapat menghalau serangan nyamuk. Nah ternyata lotion ini juga bermanfaat untuk mengatasi serangan pacet karena akan menjadi racun bagi mereka seperti halnya pada nyamuk.


3. Menggunakan Minyak Cengkeh
Selain dapat mengusir semut ternyata cengkeh juga dapat mengatasi serangan pacet. Cukup gunakan minyak cengkeh sebagai lotion dan oleskan di bagian tubuh yang terbuka dan mungkin di serang oleh pacet. Dengan cara ini pacet tidak akan menyerang kita.


4. Air Garam
Cukup gunakan air garam sebagai lotion dan oleskan di bagian tubuh yang terbuka. Dengan cara ini pacet tidak akan menyerang kita.


Source: Belantara Indonesia


    





Tips Mengatasi Serangan Pacet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar