Selasa, 25 Maret 2014

Pelataran Edelweis Di Tegal Alun

By Belantara Indonesia



Tegal Alun adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Bunga Abadi, bunga Edelweis. Untuk sampai di Tegal Alun Anda harus mendaki Gunung Papandayan yang bertinggi 2.665 Mdpl. Tidak hanya panorama alam yang menawan, tetapi juga menyimpan berjuta keanekaragaman. Salah satunya adalah Edelweis tersebut.



Meski akses dari basecamp di Pondok Salada cukup berliku dan terjal, rasa letih seketika sirna ketika memandangi pelataran Edelweis seluas 80 hektare di Tegal Alun.


Di sekeliling mata yang tampak hanya Edelweis dan pegunungan. Belum lagi udara sejuk yang menemani, semakin membuat kaki enggan beranjak. Sungguh suatu pengalaman yang indah.


Namun, ada hal yang harus diperhatikan. Pepohonan Edelweis di Tegal Alun berstatus cagar budaya atau dilindungi. Jadi, Anda tidak boleh sembarangan memetik bunga ini. Sebab, Edelweis memerlukan waktu hingga lima tahun untuk tumbuh dan berbunga.


Papandayan sebenarnya memiliki tiga tempat lain bagi para petualang yang berminat melihat bunga bernama latin Alphanus Javanica tersebut, yakni di Guberhut, Pondok Salada, dan Tegal Panjang.


Edelweis yang berada di Guberhut dan Pondok Salada termasuk ke dalam Taman Wisata Gunung Papandayan. Sedangkan, golongan yang dikelompokkan sebagai cagar budaya bertempat di Tegal Alun dan Tegal Panjang.


Yap, bagi Anda yang masih bingung mengisi waktu ingin mencumbui alam, cobalah nikmati eksotika Edelweis di Tegal Alun!


Source: Belantara Indonesia


    





Pelataran Edelweis Di Tegal Alun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar