Senin, 24 Maret 2014

Pantangan Bagi Pendaki Gunung Slamet

By Belantara Indonesia



Gunung Slamet 3.428 Mdpl merupakan gunung tertinggi kedua di wilayah Jawa setelah Gunung Semeru di Jawa Timur. Gunung ini luas, besar dan tinggi sehingga menarik minat para pendaki gunung baik lokal maupun internasional untuk mencoba bisa menggapai puncaknya.



Namun, tidak sedikit para pendaki yang hilang, tewas atau terjatuh. Mereka yang tewas, biasanya karena terjatuh dari ketinggian, ada juga yang hilang dan tidak ditemukan sampai saat ini.


Juru Kunci Gunung Slamet, Warjono ( 78 ), memberikan nasihat bagi para pendaki. Menurutnya, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh para pendaki.


Antara lain, dilarang kencing atau buang air besar di sekitar gunung. Mereka yang ingin buang air kecil atau besar, harus menyediakan kantung untuk kemudian dibuang di luar jalur pendakian.


Selain itu, dilarang berbicara kasar, membawa minuman keras dan juga bercumbu di sekitar lokasi pendakian.


Dia menceritakan, tahun 1990, ada 15 pendaki asal Bandung yang akan mendaki Gunung Slamet, namun, mereka tidak izin kepada petugas penjaga, sehingga 3 orang dari mereka hilang dan tidak ditemukan sampai sekarang.




Juru Kunci Gunung Slamet, Warjono

Semua tergantung niat, kalau niatnya buruk maka akan celaka. Yang penting sopan dan izin dulu kalau mau naik,” tutur Warjono.


Ketika sedang mendaki gunung, kemudian di tengah jalan menemukan barang seperti emas, cincin, permata atau benda berharga lainnya, jangan sekali – kali untuk mengambil dan membawanya pulang. Karena hal itu sangat membahayakan dan mengancam keselamatannya. Walauhualam….


Source: Belantara Indonesia


    





Pantangan Bagi Pendaki Gunung Slamet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar