Jumat, 21 Maret 2014

Puncak Kandang Geni Gunung Merapi

By Belantara Indonesia



Setelah Merapi meletus pada tahun 2010 yang lalu, keberadaan puncak tertinggi Merapi yaitu Puncak Garuda hilang seperti di telan Bumi. Dan pada dasarnya, Puncak Garuda tiada lagi bertengger di tingginya Merapi. Puncak tertinggi Merapi saat ini disebut dengan Puncak Kandang Geni, yang dalam Bahasa Indonesia berarti Puncak Sarang Api.



Puncak ini terlihat dengan jelas dari bibir kawah. Untuk mencapainya, dari bibir kawah kita tinggal bergerak ke arah kanan menyusuri bibir kawah. Luas area puncak ini sangat sempit, hanya bisa memuat sekitar dua hingga empat orang.


Tidak banyak pendaki yang meneruskan perjalanan hingga ke Puncak Kandang Geni. Sebagian besarnya hanya sampai di salah satu sisi bibir kawah. Mengapa? Jarak menuju Puncak Kandang Geni memang tidak jauh, hanya sekitar 75 – 100 meter, namun jalurnya yang tipis dengan jurang di sebelah kanan dan kawah Merapi di sebelah kiri jelas menguji nyali setiap pendaki yang ingin menginjakkan kaki di puncak tertinggi ini.


Apalagi jika angin berhembus kencang, tantangan dan risikonya akan semakin besar. Sedikit saja kesalahan bisa berakibat fatal. Jika Anda ragu – ragu, sebaiknya jangan meneruskan perjalanan menuju Puncak Kandang Geni ini karena setiap keragu – raguan akan memperbesar potensi bahaya.




Pasar Bubrah

Hal penting lainnya yang patut diperhatikan adalah kondisi cuaca. Jika cuaca berkabut atau hujan, ada baiknya Anda mempertimbangkan kembali keinginan untuk menuju puncak. Kabut dan hujan tentunya akan meningkatkan potensi bahaya yang mungkin timbul saat menjajal trek berbatu dan berpasir ini.


Jika Anda benar – benar berniat menuju puncak, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai gunung ini umumnya dan Puncak Kandang Geni khususnya. Bisa dengan bertanya kepada rekan – rekan Anda yang pernah berkunjung kesana, mencari informasi melalui internet serta melihat – lihat berbagai dokumentasi tentang jalur pendakian gunung ini. Selain itu jangan sungkan – sungkan bertanya kepada setiap pendaki yang Anda temui di jalan untuk lebih memahami kondisi dan jalur menuju puncak ini.




www.belantaraindonesia.org
Menuju Puncak Merapi

Tepat beberapa meter menjelang area Puncak Kandang Geni, jalur semakin tipis dan terdapat satu titik dengan panjang sekitar 2 – 3 meter dimana kita harus bertumpu pada pijakan yang panjangnya tidak sampai satu telapak kaki orang dewasa. Disini kita harus benar – benar berhati – hati. Tumpuan dan pegangan sangatlah krusial.


Ketika sampai di Puncak Kandang Geni, Anda sudah dapat melihat pemandangan yang menakjubkan! Dari sini view – nya 360 derajat! Jika cuaca cerah dan tidak berkabut, kita bisa menyaksikan indahnya pemandangan gunung – gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu. Area Pasar Bubrah terlihat begitu kecil dan jelas. Demikian juga halnya kawah Merapi. Benar – benar maha karya Sang Pencipta….




www.belantaraindonesia.org
Puncak Kandang Geni

Tidak ada yang tahu seberapa rapuh Puncak Kandang Geni ini. Stuktur bebatuan dan morfologi yang terbentuk dari hasil erupsi Merapi ini bisa saja berpotensi rubuh sewaktu – waktu. Oleh karena itu, disarankan Anda jangan terlalu berlama – lama di atas puncak ini. vi


Source: Belantara Indonesia


    





Puncak Kandang Geni Gunung Merapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar