Selasa, 25 Maret 2014

4 Area Cantik Di Gunung Galunggung

By Belantara Indonesia


Cobalah daki Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat. Gunung yang berketinggian 2.067 Mdpl adalah gunung stratovolcano yang memiliki luas 120 hektar. Anda bisa puas menjelajah dan menikmati panorama cantik sembari menghirup segarnya udara pegunungan. Dan berikut ini 4 area cantik di Gunung Galunggung yang bisa Anda kunjungi.



1. Lautan Pasir
Serupa dengan Gunung Bromo, Gunung Galunggung pun diberkahi area pasir vulkanik yang luas. Inilah pos pertama ketika berada di area Galunggung. Jika Anda tak terbiasa melalui jalur trekking yang menantang, maka akan kesulitan melewati jalur ini. Alternatifnya, Anda bisa melalui 620 anak tangga menuju bibir kawah Gunung Galunggung.


2. Gigir Kawah




Gunung Galunggung dari titik Gigir

Jika Anda butuh tantangan, Anda dapat melalui area trekking jalur tanah. Setelah melewati area lautan pasir dan menempuh jalan menanjak, Anda akan menemui area gigir kawah. Dari area ini, Anda bisa melihat kota Tasikmalaya dari ketinggian. Karena gigir ini berada di puncak ‘bukit‘ kawah maka Anda bisa juga menyaksikan panorama kawah Galunggung.


3. Tengah Kawah




www.belantaraindonesia.org
Danau Kawah di Gunung Galunggung

Sekarang kita menuju area kawah. Tapi Anda harus hati – hati karena area pegunungan akrab dengan perubahan cuaca mendadak, kalau hujan jalur pasti jadi sangat licin. Sesampainya di Tengah Kawah ( area menjorok ke tengah ), Anda bisa melakukan kegiatan memancing dalam danau. Pengurus Wanawisata Gunung Galunggung sengaja menyebar bibit ikan sebagai penanda keaktifan gunung. Di saat gunung aktif, ikan – ikan yang disebar akan otomatis mati.




www.belantaraindonesia.org
Area tengah kawah Gunung Galunggung, tempat biasa untuk berkemah

Selain memancing dan melepas lelah, Anda bisa juga berkemah si sini. Area Tengah Kawah ini cukup luas dan memang biasanya jadi tempat para pendaki berkemah. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan di sini. Walau sudah menjadi tempat wisata, Gunung Galunggung masih melindungi ekosistem tumbuhan serta hewan endemik.


4. Dasar Kawah




www.belantaraindonesia.org
Dasar Kawah Galunggung

Kawah Gunung Galunggung tak hanya sekedar danau dan area berkemahnya saja. Jika Anda mencoba menelusuri lebih jauh lagi, Anda akan menemukan aliran sungai yang berasal dari dinding kawah. Banyak batu kali ( vulkanik ) yang berserakan di sekitarnya. Batu kali sangat licin, lagi – lagi Anda harus berhati – hati. Tepat di dinding kawah sebelah selatan, Anda bisa menemukan Masjid yang biasa jadi tempat ziarah. source & picture

Source: Belantara Indonesia


    




4 Area Cantik Di Gunung Galunggung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar