Selasa, 12 November 2013

Tips Memilih Raincoat / Jas Hujan

Tips-Memilih-Raincoat-Jas-Hujan


Raincoat / jas hujan sangat berguna di saat musim  hujan tiba , raincoat akan menjadi hal yang penting atau utama terutama bagi pengendara sepeda motor. Karena jika tanpa menggunakan jas hujan, akan menghambat perjalanan. Bagi yang ingin memburu waktu, tak sedikit pemotor yang menerobos hujan akibatnya baju dan barang bawaan akan basah.


Namun bagi yang terbiasa membawa raincoat juga lebih baik jangan asal bawa jas hujan, berikut adalah tips atau pedoman dalam memilih raincoat:


1.      Model


Secara Umum ada dua model jas hujan yang ada dipasaran, yaitu jas hujan jubah / poncho atau disebut juga model batman dan model setelan ( yang terdiri dari jaket dan celana / rock)


Penulis sarankan pilihlah jas hujan model setelan, karena dari berbagai kasus model ini lebih aman dam memberi keselamatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan model jubah (jas hujan poncho) .


2.      Bahan


Tips berikutnya adalah dalam menentukan bahan, ada beberapa bahan yang tersedia ada parasut, plastik, pvc ada bewai dan ada taslan balon. Pilihlah jas hujan yang berbahan yang tebal atau yang kuat. Berdasar pengalaman penulis model PVC cukup kuat tapi panas saat dikenakan. Sedangkan bahan taslan balon kuat dan tidak panas, namun harus diperhatikan saat pengerjaannya, karena jenis ini pengerjaannya adalah pakai jahitan, sehingga harus dilengkapi seal pada jahitan agar tidak rembes.


3.      Resleting


Saat membeli jas hujan, perhatikan bagian resletingnya, pilihlah resleting yang rapat agar tidak rembes dibagian ini, lebih bagus lagi bagian resleting ini menggunakan double bleser (penutup) untuk menghindari rembesan


4.      Jahitan


Di pasaran ada 2 jenis pengerjaan jas hujan, yaitu model jahitan dan pres. Untuk model pres, pilihlah yang pres yang kuat agar tidak mudah sobek. Dan jika memilih yang model jahitan yakinkan bahwa di jahitan tersebut menggunakan hot seal sehingga di pori-pori jahitan tidak akan rembes.


5.      Harga


Panduan yang terakhir tentu soal harga. Sesuaikan dengan kemampuan atau kondisi keuangan kita. Dan diperhatikan keawetan jas hujan yang kita beli itu sendiri, meskipun lebih mahal dikit namun awet tentu lebih ekonomis jika dibandingkan dengan lebih murah tapi gampang sobek atau rusak.


Demikian panduan atau tips memilih raincoat / jas hujan semoga bisa memberi manfaat.




Tips Memilih Raincoat / Jas Hujan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar