Rabu, 13 November 2013

Tentang Sleeping Bag, Sobat Perjalanan Seorang Pendaki

Kantong tidur atau biasa disebut Sleeping Bag (SB) merupakan sebuah barang yang wajib dimiliki oleh seorang pendaki. Baik yang biasa bertualang di alam bebas seperti pendaki gunung maupun yang hanya untuk sekedar camping. Berdasarkan dari namanya tentu kita sudah tahu akan fungsi dari barang ini. Selain sebagai selimut ketika tidur, SB juga berfungsi memberikan kehangatan pengguna ketika tidur di alam bebas yang bersuhu rendah misalnya pendaki gunung. Maka tak salah kan jika SB saya sebut sebagai peralatan wajib yang harus dimiliki oleh seorang traveler. Berikut sedikit ulasan mengenai sleeping bag yang mungkin berguna bagi anda selama perjalanan.


Bentuk dan jenis bahan SB


Berdasarkan bentuk, ada dua jenis kantung tidur yang biasa beredar di pasaran, yaitu tipe selimut (tikar) yang berbentuk segi empat dan memiliki resleting yang bisa dibuka sampai lebar. SB jenis ini cocok bagi pejalan yang biasa backpacking menelusuri kota dan objek-objek wisata lainnya, dalam hal ini bisa disebut perjalanan ringan. Yang kedua SB tipe mummy, bentuknya mengikuti alur tubuh pengguna yang mengecil di bagian kaki. Jenis yang kedua ini didesain untuk pejalan yang biasa melakukan perjalanan berat seperti mendaki gunung yang bersuhu ekstrim. Selain itu, desain seperti ini dimaksudkan supaya mengikuti bentuk tubuh demi meminimalisir ruang kosong dalam SB sehingga lebih hangat dibanding tipe yang pertama.


Bahan lapisan dalam kantung tidur juga terbagi dalam dua jenis, yaitu bahan alami dan bahan sintetis. Untuk SB yang terbuat dari bahan alami memiliki tingkat kehangatan yang lebih baik ketimbang bahan sintetis. Selain itu beratnya juga lebih ringan dibanding sintetis, namun kekurangannya jika basah membutuhkan waktu lama untuk kering dan langsung kehilangan daya isolasinya. Harga nya pun lebih mahal dibanding SB yang berbahan sintetis.


Berdasarkan tingkat kenyamanannya, sleeping bag juga memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Biasanya tingkatan tersebut berdasarkan jangkauan suhu ketika memakainya. Sebagai contoh, sebuah kantung tidur dengan tingkatan +20 menunjukkan bahwa sebaiknya digunakan pada suhu atau pada perjalanan yang bersuhu 20 derajat, lebih dari itu mungkin akan terasa gerah. Selain suhu tertinggi yang menjadi tingkatan SB, tiap sleeping bag juga diberi tambahan rating pada suhu terendah untuk tetap membuat nyaman penggunanya. Semakin rendah daya jangkau suhu pada kantung tidur, biasanya akan semakin canggih teknologi pembuatan dan bahannya dan tentu semakin mahal harganya :) .


Berikut ini beberapa pilihan sleeping bag terbaik untuk para pendaki :


1. Gelert sleeping pod


Sleeping Bag Gelert sleeping pod Snugpak Chrysalis Vango Aurora Double Mountain Equipment Snowline


Sleeping bag ini merupakan sleeping bag dengan kualitas yang sangat baik, sleeping bag ini berukuran cukup lebar sehingga anda bisa bergerak dengan nyaman saat tidur. Bentuknya akan mengikuti posisi tidur anda sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Tersedia juga dalam ukuran junior.


2. Snugpak Chrysalis


Sleeping Bag Snugpak Chrysalis


Sleeping bag ini memiliki kelebihan tersendiri, pada malam hari sleeping bag ini mempunyai cahaya yang bisa digunakan untuk mereka yang ingin tidur memerlukan sedikit cahaya. Selain itu cahaya juga berfungsi untuk keadaan darurat, sebagai tanda SOS.


3. Vango Aurora Double


Sleeping Bag Vango Aurora Double


Sleeping bag ini bisa digunakan untuk berdua, sleeping bag tunggal namun cukup untuk 2 orang. Selain itu sleeping bag ini juga memiliki selimut ganda. Tidak perlu repot bila travelling bersama, cukup membawa satu sleeping bag.


4. Mountain Equipment Snowline


Sleeping Bag Mountain Equipment Snowline


Para pendaki, sleeping bag yang satu ini dirancang khusus untuk pendaki. Karena itu dibuat sangat ringan, tahan air dan juga bisa menampung beban yang cukup berat.


Berikut tadi info tentang sleeping bag barang wajib buat para pendaki gunung.




Tentang Sleeping Bag, Sobat Perjalanan Seorang Pendaki

3 komentar:

  1. Untuk memesan slimut mountain equipment snoline bgm...

    BalasHapus
  2. Untuk pemesanan slimut mountain equipment snowline bgm... Mohon balas ke 087773725000

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing, jika sedang mencari bahan kain untuk pembuatan sleeping bag yang berkualitas dengan harga murah.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : fitinline..

    BalasHapus