Jumat, 22 November 2013

Mendaki Gunung Dengan Sepatu Atau Sandal Gunung?

By Belantara Indonesia



Sepatu ataupun sandal gunung adalah barang yang wajib bagi seorang pendaki gunung. Karena kedua barang tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni alas kaki. Fungsinya? Teramat penting. Saat melakukan pendakian gunung kita akan menemui beberapa medan pendakian yang berat. Pohon berduri, batu – batuan yang tajam dll. Dan hal tersebut memerlukan alas kaki yang kuat.



Hanya ada dua jenis alas kaki yang dianjurkan dalam kegiatan mendaki gunung. Yaitu menggunakan sepatu gunung atau sandal gunung. Pada dasarnya mendaki menggunakan sepatu akan lebih aman karena sepatu bisa melindungi semua bagian kaki.


Tetapi jika mendaki menggunakan sepatu lebih aman mengapa produsen alat – alat outdoor masih saja mengeluarkan sandal gunung. Hal ini karena setiap item baik maupun sepatu gunung dan sandal gunung memiliki kekurangan kelebihan masing – masing.


Kekurangan sepatu gunung biasanya terletak pada bobotnya yang berat. Selain bobotnya yang berat harganya juga lumayan berat jika dibandingkan dengan harga sandal gunung. Selain itu jika kita menggunakan sepatu untuk mendaki kita akan kesulitan saat bertemu dengan medan – medan basah. Jika sepatu tersebut melewati medan basah seperti sungai dan lumpur maka beratnya akan bertambah beberapa kali lipat.

Sedangkan kekurangan pada sandal gunung adalah pada bentuknya yang tidak bisa menutupi semua bagian kaki. Terkadang kaki kita harus terkena duri – duri tajam atau kerikil yang mampu menggores luka. Selain itu sandal tidak bisa melindungi kaki kita dari serangan pacet gunung.


Yang harus diperhatikan ketika mendaki menggunakan sandal adalah pada kuku jari kaki. Usahakan memotong kuku kaki sebelum mendaki gunung karena banyak kejadian pendaki yang menggunakan sandal harus kehilangan kukunya karena tersandung sesuatu.


Kelebihan sepatu gunung adalah pada keamanan yang mampu dihadirkanya. Sepatu gunung juga bisa melindungi kaki pendaki dari serangan dingin. Kaki yang dingin biasanya akan mudah terserang kram. Secara keseluruhan lebih aman menggunakan sepatu gunung daripada sandal gunung.
Sedangkan kelebihan sandal gunung adalah pada bobotnya yang ringan. Walau terkena hujan atau lumpur pun bobotnya masih sangat ringan. Sandal gunung sangat cocok digunakan pada medan basah seperti lumpur dan sungai.


Tetapi menggunakan sandal atau sepatu, yang namanya medan basah tetaplah licin walau pada umunya produsen telah mendesain lapisan bawah sandal atau sepatu sekasar mungkin. Kelebihan lain dari sandal gunung adalah mudah dipakai dan dilepas.



Untuk urusan kualitas, semua produk tetap menyajikan kualitas terbaik yang mereka miliki. Kita harus pintar pintar memilih produk yang akan kita beli. Produk – produk Indonesia juga sudah bisa memberikan kualitas yang baik sehingga jangan pernah ragu memakai produk – produk buatan dalam negeri.


Jangan khawatir jika kita membeli sandal gunung. Setidaknya sandal tersebut tidak akan putus pada pendakian pertama Anda jika Anda bisa menggunakannya dengan benar.

Tapi di sisi lain terkadang kita menemukan pendaki yang mendaki gunung tidak menggunakan sandal gunung atau sepatu gunung. Ada yang menggunakan sepatu boat, sepatu futsal, sepatu bola, sandal kulit, sandal jepit dll. Mungkin mereka memiliki alasan lain yang tidak kita ketahui.




Yang terpenting bukan senjata apa yang kita bawa, tapi bagaimana kita menggunakan senjata

Source: Belantara Indonesia


    





Mendaki Gunung Dengan Sepatu Atau Sandal Gunung?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar