Jumat, 23 Mei 2014

Gunung Arjuno Lewat Jalur Lawang

By Belantara Indonesia



Gunung Arjuno dengan ketinggian 3.339 Mdpl bisa didaki dari berbagai arah. Dari arah barat lewat jalur Batu – Selecta, sedangkan dari arah timur lewat jalur Lawang. Uniknya gunung ini apabila dilihat dari Kota Malang Anda akan melihat gunung tidak berdiri sendirian, alias ada beberapa gunung di dekatnya. Adapun gunung – gunung tersebut ialah Gunung Welirang, Gunung Kembar I, Gunung Kembar II, Gunung Ringgit, dan Gunung Penanggungan.



Berikut ini ulasan tentang jalur dari arah timur yakni jalur Lawang. Start point awal dimulai dari desa Wonorejo. Disini Anda akan menemukan pemandangan yang sangat menyejukkan mata, dimana hamparan kebun teh yang begitu luas menyambut kedatangan pendaki.


Pos I Desa Wonorejo
Begitu sudah mulai perjalanan dari desa Wonorejo, medan yang akan Anda temukan masih agak landai secara masih area peralihan dari kebun teh ke hutan hujan tropis. Untuk tingkat kemiringannya itu sekitar 20 – 30 derajat. Di area ini pemandangan akan didominasi oleh semak – semak belukar.


Sesekali Anda akan berhadapan dengan akar pohon Pinus yang kadang menguji ketangkasan Anda. Dibutuhkan sekitar 1 jam – 90 menit perjalanan untuk melewati medan tersebut, untuk kemudian disambut oleh kawasan padang rumput ( savana ).


Pos II Padang Rumput Oro – Oro Ombo
Di kawasan ini, nuansanya lebih asyik lagi. Kenapa? Secara yang akan menemani perjalanan Anda adalah padang rumput luas, atau oleh masyarakat sekitar dikenal sebagai Oro – Oro Ombo. Disini pohonnya tak terlalu lebat, cuma kadang suhunya bisa jadi sangat panas saat memasuki musim kemarau. Walaupun demikian spot ini ideal buat Anda mendiorikan tenda jika perjalanan Anda sudah memasuki waktu gelap.


Pos III Pondok Alang – Alang
Setelah dari padang rumput Oro – Oro Ombo lama pendakian masih ada sekitar 5 – 7 jam lagi. Di rentang waktu tersebut, Anda akan mampir di Pondok Alang – Alang. Biasanya para pendaki menyempatkan untuk rebahan singkat disini buat melepaskan lelah. Dari pos ini, Anda akan menghabiskan sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai hutan Lali Jiwo.


Pos IV Hutan Lali Jiwo
Di kawasan ini tanjakan sudah mulai ekstrim. Tetapi pemandangan yang Anda dapatkan sebanding dengan pengorbanan Anda. Secara dari sini Anda bisa melihat hamparan rumput berbalut hutan hujan tropis yang sangat menawan.



Sekitar berjalan kurang lebih 90 menit Anda akan sampai di kawasan batuan cadas. Disini lumayan dibutuhkan konsentrasi ekstra agar langkah Anda aman dan tidak mudah tergelincir. Jalur ini cukup terjal, karena setiap langkah kaki Anda berhadapan langsung dengan jurang.


Puncak Arjuno
Barulah sekitar 2 jam bergelut dengan batuan cadas, maka langkah kaki Anda akan menemui akhir perjalanan, yakni Puncak Arjuno. Puncak Arjuno ini terdiri dari batuan cadas. Oleh karena itu para pendaki menyebutnya sebagai Puncak Ogal Agil.


www.belantaraindonesia.org

Jika Anda menoleh ke arah timur Anda akan melihat puncak Gunung Semeru. Sementara di arah selatan kalian akan terlihat Gunung Anjasmara dan Gunung Kawi. Adapun Gunung Welirang bisa Anda lihat di sebelah barat dan Gunung Penanggungan di sebelah utara.


Gunung Arjuno Lewat Jalur Batu


Source: Belantara Indonesia


    





Gunung Arjuno Lewat Jalur Lawang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar