Kamis, 24 Oktober 2013

7 Perlengkapan Wajib Pendakian

Jumlah hari akan menentukan barang apa saja yang akan dibawa. Jadi, lebih baik persiapkan sejak awal bekal perlengkapan pendakian Anda sehingga saat berada di kegiatan tersebut, langkah Anda tak lagi terganggu.


1. Tas: Jumlah hari yang dibutuhkan bisa mempengaruhi jenis carrier yang bisa kita bawa. Untuk trip 2 – 3 hari, gunakan tas dengan ukuran 30 – 50 liter. Untuk trip 3-5 hari, ukuran tas 50 – 80 liter bisa menjadi pilihan. Untuk trip di atas 5 hari, ukuran tasnya bisa lebih dari 80 liter.


2. Perlengkapan naik gunung: Sleeping bag, matras, tenda, senter, kompas / GPS, multipurpose knife, dan korek api, masker, trekking pole, jas hujan, sarung tangan gunung, tissue basah, botol minum ukuran besar, trash bag ( untuk membawa pulang sampah makanan yang dibawa mendaki )


3. Bekal Logistik , Makanan siap saji lebih diutamakan seperti sosis bungkus, rendang, dendeng, kornet, abon, nasi, makanan kaleng, dan tentu saja peralatan untuk memasak dan makan di atas gunung.


4. Bekal Pribadi , seperti: Baju dan Celana. Baju bola cukup direkomendasikan ketika mendaki, karena bahannya tipis, ringan, dan menyerap keringat. Jangan gunakan celana jeans ketika mendaki, karena bahannya menyerap air, berat, dan dingin.Gunakanlah celana kargo ( yang banyak sakunya ) atau celana gunung.


5. Untuk persiapan malam dan udara yang dingin, siapkan jaket polar (yang tebal dan hangat), kaos kaki tebal, agar terhindar dari dingin. Bisa juga menggunakan koyo tempel di telapak kaki dan tangan untuk menghangatkan diri ketika tidur.


6. Obat – obatan pribadi : Siapkan juga obat-obatan pribadi seperti: Obat maag, obat sakit perut dan sakit kepala.


7. Makanan yang Mudah Diserap: Masuk kategori makanan yang mudah diraih, simple, dan kandungan energinya cepat diserap oleh tubuh. Madu, gula merah, pisang adalah contoh makanan yg baik. Kalau mau bawa minuman berenergi pun bisa jadi pilihan.


Semoga bermanfaat ya sobat  




7 Perlengkapan Wajib Pendakian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar